Bangun Persaudaraan, Hasilkan Kesepahaman: Inkursi x HI Visit HMHI UI – HIMAHI UPNVJ

Pertemuan antara dua himpunan jurusan hubungan internasional di dua provinsi berbeda. Membahas beragam hal, mulai dari program kerja hingga tebak lagu.

Ada pemandangan yang tidak biasa di Gedung Komunikasi FISIP UI pada pagi hari Sabtu tanggal 23 Oktober. Selain mahasiswa yang mengenakan jaket kuning, ada pula yang mengenakan baju berkerah berwarna hitam. Ada apakah gerangan? Rupanya, mahasiswa-mahasiswa yang mengenakan baju hitam tersebut merupakan anggota Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (HIMAHI UPNVJ) yang sedang melakukan kunjungan inkursi ke Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Indonesia (HMHI UI).

Pembawa acara dalam kegiatan inkursi: Eva Sissykirani dan Merlin (Humas/Jeromi)

Acara inkursi antara HIMAHI UPNVJ dan HMHI UI dimulai sekitar pukul 10 pagi dengan dipandu oleh Eva Sissykirani dari HMHI UI dan Merlin dari HIMAHI UPNVJ. Para partisipan, baik dari HIMAHI maupun HMHI datang dengan berbagai moda transportasi, mulai dari kereta api commuter line hingga mobil pribadi. Acara ini dibuka dengan kata sambutan dari Aubrey Firaekayoga selaku Ketua Umum HMHI UI dan Lumongga Jeanetta Simatupang selaku Ketua HIMAHI UPNVJ.

Presentasi HIMAHI UPNVJ oleh Lumongga Jeanetta Simatupang selaku Ketua HIMAHI UPNVJ. (Humas/Jeromi)

Sesi kata pembukaan dilanjutkan dengan presentasi. HIMAHI UPNVJ memulai presentasi terlebih dahulu. Presentasi yang dibawakan oleh BOE dan kepala departemen HIMAHI UPNVJ memaparkan sistem organisasi maupun program kerja divisi dan program kerja yang bersifat otonom. Kabinet HIMAHI UPNVJ pada tahun kepengurusan ini diberi nama “Tiarma”, yang dalam bahasa Batak berarti penuh semangat dan mudah beradaptasi.

Struktur organisasi Badan Operasional Eksekutif (BOE) HIMAHI UPNVJ terdiri dari presiden dan wakil presiden, sekretaris 1 dan sekretaris 2, serta bendahara 1 dan bendahara 2. Terdapat dua departemen di dalam HIMAHI UPNVJ yang masing-masing membawahi beberapa divisi, yakni Departemen Sosial Politik dan Sumber Daya Manusia. Departemen Sosial Politik membawahi Divisi Internal, Eksternal, Advokasi, dan Public Strategic Planning, sedangkan Departemen Sumber Daya Manusia membawahi Divisi Penelitian, Pengembangan Pemuda, Penggalangan Dana, serta Komunikasi dan Informasi. Setiap divisi memiliki tupoksi dan program kerjanya masing-masing. Selain itu, terdapat pula sejumlah proyek yang bersifat otonom dan tidak berkedudukan di bawah divisi tertentu. Dalam sistem administrasi, HIMAHI UPNVJ menggunakan situs Google Drive untuk mempermudah pemberkasan. Rapat anggota dilakukan minimal dua kali selama masa kepengurusan dan laporan pertanggungjawaban untuk setiap program kerja disampaikan pada akhir pelaksanaan program kerja.

Presentasi HMHI UI oleh Aubrey Firaekayoga selaku Ketua Umum HMHI UI. (Humas/Jeromi)

Presentasi dari HIMAHI UPNVJ dilanjutkan dengan presentasi dari HMHI UI. Sebagaimana halnya dengan HIMAHI UPNVJ, HMHI memiliki program kerja yang berdiri sendiri. HMHI memiliki BPH Inti yang terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, dan bendahara. HMHI memiliki enam divisi, yakni Divisi Kekeluargaan dan Internal, Divisi Sosial Masyarakat, Divisi Olahraga, Divisi Hubungan Masyarakat, Divisi Seni, Divisi Penelitian dan Pengembangan, dan satu Biro Keuangan. Terdapat divisi yang hanya berfokus pada satu bidang, namun divisi-divisi seperti Divisi Kekeluargaan dan Internal, Divisi Hubungan Masyarakat, serta Divisi Penelitian dan Pengembangan memiliki dua bidang.

Diskusi antara Divisi Seni dan Divisi Olahraga dari HMHI UI dengan Divisi Youth Development dari HIMAHI UPNVJ. (Humas/Jeromi)

Setelah kedua himpunan mempresentasikan dirinya masing-masing, acara dilanjutkan dengan icebreaker. Icebreaker meliputi tebak judul lagu dan film, ibukota, negara dan peta dengan petunjuk emoji pada layar. Setelah icebreaker selesai, para partisipan dari HIMAHI UPNVJ dan HMHI UI dikelompokkan berdasarkan divisinya masing-masing untuk kemudian membentuk kelompok diskusi antardivisi. Dalam sesi diskusi ini, divisi-divisi dalam HIMAHI UPNVJ dan HMHI UI dipertemukan dengan imbangannya untuk membahas dan membandingkan tupoksi maupun program kerja.

Penyerahan sertifikat dari Ketua Umum HMHI UI kepada Ketua HIMAHI UPNVJ. (Humas/Jeromi)

Diskusi antardivisi yang berlangsung selama kurang lebih satu jam berakhir sekitar pukul 12. Para partisipan kemudian mencicipi makanan ringan yang telah disediakan oleh panitia dan kembali ke tempat duduknya masing-masing. Acara kemudian diakhiri dengan pembacaan kesan dan pesan yang diunggah oleh para penonton secara anonim melalui aplikasi Slido oleh pemandu acara serta penyerahan sertifikat kepada ketua himpunan. Foto bersama antara HMHI UI dan HIMAHI UPNVJ menutup rangkaian kegiatan inkursi ini.

HIQuarters, Meet the Author!

HI Quarterly adalah majalah elektronik yang dikelola langsung oleh Divisi Hubungan Masyarakat Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional FISIP UI.

Redaksi HI Quarterly
Redaksi HI Quarterly

HI Quarterly adalah majalah elektronik yang dikelola langsung oleh Divisi Hubungan Masyarakat Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional FISIP UI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *