BUMI LANGIT CINEMATIC UNIVERSE:
Dunia Pahlawan Super Karya Anak Bangsa

Industri perfilman Indonesia akhir-akhir ini semakin diminati oleh para penonton dengan berbagai temanya yang mulai menandingi perfilman asing. Salah satu tema film yang saat ini sedang diangkat oleh para sineas Tanah Air adalah tema pahlawan super. Sebut saja film Gundala yang pernah tayang di bioskop pada 29 Agustus tahun 2019 silam. Film tersebut menceritakan seorang lelaki biasa bernama Sancaka yang secara tiba-tiba memperoleh kekuatan super dari sambaran petir. Kekuatannya yang dimiliki oleh Sancaka kemudian digunakan untuk memperjuangkan keadilan.

Film Gundala baru menjadi salah satu contoh dari sekian film bertemakan pahlawan super kreasi Tanah Air. Namun, dibalik film yang disutradarai oleh Joko Anwar tersebut, ternyata masih banyak film bertemakan pahlawan super kreasi anak bangsa yang berada di bawah perusahaan hiburan yang sama. Perusahaan hiburan ini dikenal dengan nama Bumi Langit. Nah, mau tahu apa itu Bumi Langit? Yuk simak artikel di bawah!

Apa itu Bumi Langit?

Sumber: kontan.co.id

Ilustrasi Perusahaan Hiburan Bumi Langit

Berdiri sejak tahun 2003, Bumi Langit pada awalnya merupakan serial komik yang bertemakan pahlawan super. Para karakter pahlawan super ini tentunya berasal dari Indonesia. Seiring berjalannya waktu, Bumi Langit telah berkembang menjadi rumah bagi lebih dari 1000 karakter cerita komik yang pernah terpublikasikan setidaknya selama 60 tahun terakhir. 

Bumi Langit kini beroperasi sebagai perusahaan hiburan, sehingga mendapatkan lisensi dalam penerbitan komik, serial tv dan juga film. Karakter-karakter yang dikreasikan oleh Bumi Langit telah muncul dalam lebih dari 200 komik, 13 film dan juga 21 episode serial TV. Tidak hanya itu, Bumi Langit juga memilih berbagai komikus legendaris Indonesia untuk berkarya bersama Bumi Langit, seperti R.A. Kosasih (Bapak Komik Indonesia).

Jagat Sinema Bumi Langit

Jagat Bumi Langit memiliki 4 era yang melatarbelakangi cerita para karakter animasinya. Keempat era cerita pada Jagat Bumi Langit, yaitu Era Legenda, Era Jawara, Era Patriot, dan Era Revolusi. Era pertama mengambil latar waktu pada peristiwa Letusan Toba sekitar 75.000 SM. Di samping itu, era Patriot merupakan era yang berlangsung hingga masa kini sehingga tidak mengherankan kisahnya begitu relevan dengan masyarakat modern. Karakter-karakter ternama pada era tersebut seperti Gundala, Sri Asih, Godam, dan lain-lainnya.

Melalui karakter-karakter yang terkenal ini, Bumi Langit menemukan peluang baru bagi perusahaannya untuk memulai kreasi atau karya unik bagi dunia film. Akhirnya, Bumi Langit resmi membuka Jagat Sinema Bumi Langit (atau yang biasa dikenal dengan Bumi Langit Cinematic Universe) jilid pertama. Film yang mengawali kisah BMCU ini adalah film Gundala yang dianggap sebagai Patriot Pertama pada Era Patriot BMCU.

Era-era pada Jagat Bumi Langit
(Sumber: bobo.grid.id)

Film-Film yang Akan Dirilis oleh Bumi Langit Cinematic Universe Mendatang

Setelah kesuksesan film Gundala pada tahun 2019, sinema Bumi Langit semakin memantapkan diri untuk kembali memproduksi beberapa karakter komiknya ke dalam dunia perfilman. Beberapa film yang direncanakan akan rilis mendatang, yaitu:

Film Mandala yang dirumorkan akan menampilkan aktor dan seniman bela diri ternama Tanah Air, Joe Taslim
Film Sri Asik yang dikabarkan akan diperankan oleh Pevita Pearce
Film Si Buta yang rencananya akan diperankan oleh Iko Uwais
Film Godam yang akan diperankan oleh Chicco Jerikho
Film Aquanus yang dikabarkan akan diperankan oleh aktor dan mantan bintang remaja tahun 90-an hingga 2000-an, NIcholas Saputra

Selain film-film di atas, ada kabar baik datang dari salah satu alumni Hubungan Internasional Universitas Indonesia lho!!! Yups, kak Mentari Novel, lulusan Hubungan Internasional Universitas Indonesia tahun 2016, dipercayakan oleh Sinema Bumi Langit untuk menjadi pemeran dalam film berjudul Patriot Taruna: Virgo and the Sparklings. Jangan lupa ditonton ya!

Arti Kontribusi Sinema Bumi Langit bagi Indonesia

Bila kita melihat sinema Hollywood, yang memiliki jagat sinema seperti Marvel Cinematic Universe maupun DC Extended Universe, tidak mengherankan bahwa salah satu kesuksesan industri film Hollywood berasal dari film-film yang diterbitkan oleh mereka. Marvel Cinematic Universe yang mengeluarkan film-film bertemakan pahlawan super selama 13 tahun, setidaknya selalu mengalami kesuksesan yang begitu besar sepanjang produksi dan perilisannya. Bahkan, film-film tersebut banyak mencatat rekor penghargaan dan memberikan ‘nama’ kepada para aktornya, seperti Robert Downey Jr., Chris Hemsworth, dan Tom Holland.

Berkaca pada ilustrasi di atas, dibukanya Sinema Bumi Langit tentunya membuka peluang bagi perfilman Indonesia untuk menjadi lebih dikenal di ranah global. Tidak hanya itu, film-film pahlawan super yang biasanya dikenal membutuhkan banyak perjuangan, seperti tim produksi yang sangat masif dengan banyaknya penggunaan teknologi yang canggih, secara tidak langsung menunjukkan bahwa Indonesia mampu menandingi perfilman luar negeri. Melalui tahap awal produksi hingga tahap penerbitan film yang akan memakan waktu panjang ini, kita patut berbangga bahwa kemampuan seniman-seniman Indonesia sudah mengalami peningkatan pesat dan pasti akan membawa nama harum bagi Tanah Air. 


Nah, demikian artikel seputar Sinema Bumi Langit. Mari kita dukung perfilman Tanah Air!

Referensi

Bumi Langit. ‘Jagat Sinema Bumilangit’. Bumilangit (blog), 15 December 2020.

Rifan Aditya. “Sinopsis Gundala 2019 dan Gundala ‘Putra Petir’ 1981”. Suara.com, 26 Juli 2021, 
https://www.suara.com/entertainment/2021/07/26/125327/sinopsis-gundala-2019-dan-gundala-putra-petir-1981?page=all

Irvan. “Simak Bocoran Timeline dari Berbagai Film Bumilangit Cinematic Universe!”. 
Greenscene, 21 Januari 2019, https://www.greenscene.co.id/2019/01/21/simak-bocoran-
timeline-berbagai-film-bumilangit-cinematic-universe/. 

Griska Laras.”Iko Uwais Bakal Perankan Si Buta dari Gua Hantu?”. URBANASIA, 2019, 
https://www.urbanasia.com/iko-uwais-bakal-perankan-si-buta-dari-gua-hantu-U3285 

HIQuarters, Meet the Author!

Divisi Seni HMHI UI

Divisi Seni HMHI UI adalah sebuah divisi di dalam organisasi Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HMHI UI) yang menjadi wadah utama bagi Keluarga HI UI untuk mengembangkan potensi dan minat dalam bidang seni. Divisi Seni juga bertanggung jawab untuk menciptakan berbagai program di bidang seni yang kolaboratif dengan Mahasiswa HI UI secara keseluruhan.

Divisi Seni HMHI UI
Divisi Seni HMHI UI

Divisi Seni HMHI UI adalah sebuah divisi di dalam organisasi Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HMHI UI) yang menjadi wadah utama bagi Keluarga HI UI untuk mengembangkan potensi dan minat dalam bidang seni. Divisi Seni juga bertanggung jawab untuk menciptakan berbagai program di bidang seni yang kolaboratif dengan Mahasiswa HI UI secara keseluruhan.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *