Investasi 101 | Edukasi Finansial Vol. 1

Investasi 101 merupakan sebuah perkenalan dasar mengenai investasi yang ditujukan kepada rakyat HI UI. Tulisan ini mencakup definisi utama dari investasi, apa manfaat melakukan investasi, jenis-jenis investasi dan berbagai turunannya. Tulisan ini juga menjelaskan berbagai produk investasi dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam berinvestasi dalam produk-produk tersebut. Melalui tulisan ini, pembaca diharapkan mampu memahami dasar- dasar investasi dan mendapatkan perspektif baru dalam kegiatan investasi.
Edukasi Finansial Vol. 1 ini dipersembahkan oleh staf Biro Keuangan Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional, Hugo dan Azi.

Investasi adalah suatu kegiatan menempatkan modal berupa uang atau aset berharga lainnya pada satu atau lebih dari satu jenis aset selama periode tertentu dengan harapan dapat memperoleh keuntungan dalam kurun waktu tertentu (Hidayati, 2017). Pengembangan atas aset atau dana tersebut akan dibagikan kepada investor sebagai imbal balik sesuai dengan ketentuan antara kedua pihak. Investasi dapat dilihat melalui tiga aspek, yaitu aspek uang yang ditanamkan dan diharapkan, aspek waktu sekarang dan masa yang akan datang, dan manfaat investasi (Hidayati, 2017). Dalam investasi, dana atau aset yang ditanamkan oleh seorang investor akan dikembangkan oleh pihak atau badan yang mengelola dana atau aset tersebut. Secara ekonomi, investasi yang dilakukan oleh investor akan disimpan sebagai harta karena tidak akan dipergunakan secara langsung. Harta yang disimpan dapat mengalami perubahan nilai setelah melewati masa tertentu. Hal ini menunjukkan bahwa investasi tidak akan selalu berujung pada keuntungan. Pengenalan terhadap investasi dapat menjadi sebuah sikap untuk memitigasi risiko kerugian dalam investasi. 

Bagi kebanyakan orang, terutama anak muda, investasi menjadi suatu hal yang sangat sulit untuk direalisasikan. Hal ini menjadi krusial bagi anak muda karena masa muda merupakan masa transisi dan masa pembelajaran untuk menjalankan hidup secara mandiri. Anak muda akan menghadapi berbagai tantangan dalam dunia finansial. Hal ini dapat perlahan dikurangi dengan melakukan investasi. Dengan melaksanakan investasi, anak muda dapat meraih beberapa manfaat, seperti menciptakan sumber keuangan baru, membantu mengejar mimpi, menghasilkan uang tambahan melalui bunga, dan mempersiapkan masa tua. Untuk melaksanakan investasi sejak dini, terdapat tiga tahapan yang direkomendasikan untuk dilakukan, yaitu menyusun rencana dan tujuan jangka panjang, mengatur besaran dana yang ingin diinvestasikan, dan memilih produk investasi sesuai tujuan keuangan. Ketiga hal tersebut dapat memperjelas aksi yang harus dilakukan dalam melaksanakan investasi. 

Terdapat dua jenis investasi yang dapat dikonsiderasi oleh anak muda. Jenis investasi pertama adalah investasi aset nyata. Jenis investasi pertama ini direalisasikan melalui investasi di luar sektor keuangan seperti emas, tanah, hingga properti. Jenis investasi kedua adalah investasi aset finansial. Jenis investasi kedua ini dapat direalisasikan melalui investasi di sektor keuangan dengan komitmen untuk mengikatkan aset pada surat-surat berharga yang diterbitkan oleh penerbitnya seperti saham, deposito, obligasi. Bentuk dari investasi-investasi yang disebutkan di atas memiliki kelebihannya masing-masing yang dapat menjadi acuan investasi sesuai dengan preferensi investor, yaitu: 

1. Emas 

Emas merupakan salah satu pilihan investasi yang populer. Emas menjadi pilihan yang tepat untuk investor yang memiliki preferensi faktor risiko rendah dan tahan terhadap laju inflasi (Lioudis, 2022). Jika dibandingkan dengan investasi lainnya, investasi emas tergolong sebagai investasi yang mudah dicairkan. 

2. Deposito berkala 

Investasi deposito cocok untuk investor pemula yang mencari risiko kerugian rendah dalam investasinya. Deposito memiliki pilihan jangka waktu tertentu sehingga uang yang disimpan tidak dapat dicairkan sebelum jatuh tempo (Chen, 2022). Bunga yang diberikan oleh pihak bank juga biasanya lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa sehingga dapat menjadi pilihan investasi yang menguntungkan. 

3. Reksa dana 

 Dana investasi yang terkumpul dari para investor akan dikelola oleh manajer investasi dalam investasi reksa dana. Investasi ini pasti sering terdengar karena cocok untuk investor dengan modal kecil. Resiko kerugian ataupun keuntungan yang didapatkan akan dibagi secara rata kepada seluruh investor. Dalam investasi reksa dana, risiko investasi dapat ditentukan pada pilihan jenis reksa dana (Hayes, 2022). Investor harus menentukan perusahaan yang tepat sesuai dengan tujuan investasinya. 

4. Surat Berharga Negara/Surat Utang Negara (SUN), 

Investasi ini menjadi salah satu instrumen investasi yang cukup diminati masyarakat. SUN memberikan keuntungan untuk kepentingan Negara dan para investor atau pembelinya baik individu maupun perusahaan. Investasi ini cocok bagi investor yang memiliki modal kecil dan tidak ingin mengambil resiko besar. Investasi ini memiliki banyak jenis, seperti Obligasi Ritel Indonesia (ORI), Saving Bonds Ritel (SBR), Sukuk Ritel, dan Sukuk Tabungan Negara.  

5. Saham 

Investasi saham dikenal sebagai investasi yang memiliki risiko cukup tinggi namun keuntungan yang ditawarkan juga tinggi. Dengan membeli saham dari suatu perusahaan, secara tidak langsung seseorang dapat dikatakan sebagai pemilik dari perusahaan tersebut. Saham memiliki harga yang cenderung fluktuatif. Investasi ini memiliki keuntungan yang sebanding dengan risikonya yang tinggi, seperti ancaman likuidasi perusahaan.

6. Properti 

Dalam melakukan investasi di properti, investor membutuhkan modal yang sangat besar karena membutuhkan perawatan serta biaya pajak yang tinggi. Namun, investasi ini menjanjikan keuntungan yang besar karena harga tanah dan rumah selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Selain itu, properti memiliki resiko yang rendah karena pergerakan nilai properti tidak sensitif seperti investasi saham. Namun, pencairan dalam bentuk properti miliki waktu yang cenderung lama dalam pencairannya karena membutuhkan waktu untuk menjual properti tersebut.

DAFTAR PUSTAKA

Chen, J. (20 Maret 2022). Term Deposit. Investopedia. https://www.investopedia.com/terms/t/termdeposit.asp#:~:text=A%20term%20deposit%20is%20a,levels%20of%20required%20minimum%20deposits.

Hayes, A. (21 Juni 2022). Mutual fund. Investopedia. https://www.investopedia.com/terms/m/mutualfund.asp.

Hidayati, A. N. (2017). INVESTASI: ANALISIS DAN RELEVANSINYA DENGAN EKONOMI ISLAM. Malia: Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 227-242.

Lioudis, N. (9 Maret 2022). Does It Still Pay to Invest in Gold? Investopedia. https://www.investopedia.com/articles/basics/08/invest-in-gold.asp.

HIQuarters, Meet the Author!

Biro Keuangan HMHI UI
Biro Keuangan Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional memiliki sebuah Program Kerja yang bertujuan untuk memberikan edukasi dasar seputar dunia finansial.
Biro Keuangan HMHI UI
Biro Keuangan HMHI UI
Biro Keuangan Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional memiliki sebuah Program Kerja yang bertujuan untuk memberikan edukasi dasar seputar dunia finansial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *