Sidang Forum Bersama Rafi di Kota Kembang

Pada edisi HI-Call kali ini, Redaksi HI-Quarterly berkesempatan untuk mewawancarai Rafi, peserta Sidang Forum yang merupakan salah satu mata acara dari kegiatan Pertemuan Sela Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional Se-Indonesia (PSNMHII) XXXIIV yang diselenggarakan oleh Universitas Komputer Indonesia dari tanggal 13 Juni hingga 17 di kegiatan nasional tersebut.

Halo, Rafi. Terima kasih telah bergabung bersama kami. Kami dengar bahwa Rafi ikut mewakili HI UI di PSNMHII XXXIV, bagaimana pengalamannya mengikuti acara tersebut secara langsung di Bandung?

Pengalaman yang unik banget! Sudah lama gak ikut acara offline, apalagi PSNMHII. Sekalinya ikut, ‘dah luring, di Bandung pula, mantap. Dan lebih seru lagi karena bisa bertemu anak-anak HI dari kampus di seluruh Indonesia (kalau gak salah, ada 54). Waktu itu gua bisa berkenalan dengan beberapa ketua himpunan (kahim) dan diskusi soal banyak hal, sekalian networking juga hehe. Benar-benar ngebuka pikiran banget karena penting buat kita diskusi-diskusi, apalagi sesama anak HI, dengan kampus lain. Kita jadi tau berbagai perspektif. Kita kan di sana selama 5 hari ya, dan itu benar-benar full activity. Pagi morning call jam 5, sarapan, terus langsung berangkat Sidang Forum pakai bis. Gila lah itu, tapi seru hehe.

Apa alasan Rafi memilih mengikuti Sidang Forum dalam PSNMHII XXXIV?

Karena gua kahim hahaha. Waktu itu gua ditemenin sama Fadya sebagai penanggung jawab dari Divisi Humas HMHI dan itu seru banget! Boleh langsung tanya sama orangnya.

Lalu bagaimana kesibukan Rafi sebagai Ketua HMHI UI sekaligus peserta sidang forum di PSNMHII?

HOHOHO, tentu sibuk. Bayangkan aja seharian penuh harus beraktivitas di luar kota dan susah buka ponsel buat ngecek grup-grup HMHI. Tapi untungnya gua punya BPH Inti, BPH Umum, dan Staf yang kapabel semua. Jadi, proses delegasi tugas-tugas berjalan smooth banget.

Jadi, apa hal atau pengalaman paling berkesan yang didapatkan dari PSNMHII XXXIV?

Tentunya proses Sidang Forum itu sendiri. Itu benar-benar pertama kali gua ikut sidang-sidangan. Itu kan berjalan 2 hari ya, dan di dua hari itu gua melihat dinamika antarkorwil dan antarkampus secara langsung. It was a lot of fun! Kita didorong untuk berdiplomasi dan ngobrol-ngobrol untuk pitching ide kita ke temen-temen yang ga sependapat. Ada satu momen pas perdebatan lagi panas, gua sama Fadya nontonin aja sambil nyemil (cemilannya enak, btw). Terus, gua tawarin aja tuh cemilannya ke teman-teman di sekitar meja. Malah ketawa-ketawa mereka. Senang bisa menghibur, padahal nawarin makan. Emang capek, pasti. Tapi bukannya gak seru. Ini justru pengalaman yang cuma bisa gua dapetin di sini. Kapan lagi ketemu anak-anak HI dari 54 kampus di seluruh Indonesia?

Sumber: dokumentasi pribadi

HIQuarters, Meet the Author!

HI Quarterly adalah majalah elektronik yang dikelola langsung oleh Divisi Hubungan Masyarakat Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional FISIP UI.

Redaksi HI Quarterly
Redaksi HI Quarterly

HI Quarterly adalah majalah elektronik yang dikelola langsung oleh Divisi Hubungan Masyarakat Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional FISIP UI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *