Belanja, oh, Belanja:  Rekomendasi Mata Kuliah Pilihan Dari Anak HI, Untuk Anak HI, Oleh Anak HI

Bingung mau belanja apa? Galau mau belajar apa? Jangan gundah, jangan risau! Redaksi HI-Quarterly hadir untuk membantu teman-teman HI UI yang sedang pusing menentukan mata kuliah (matkul) pilihan yang hendak diambil. Dengan menelusuri jejak anak-anak HI yang sudah lebih dahulu menjajaki berbagai matkul pilihan dari departemen kita sendiri hingga menyeberangi fakultas, HI-Call edisi kali ini akan menyajikan daftar rekomendasi matkul yang bisa diambil teman-teman HI UI yang masih belum yakin hendak memilih matkul pilihan apa.

S E M E S T E R G E N A P

Bahasa Italia A oleh Lugi (2021)

Bahasa Italia A merupakan mata kuliah belanja yang aku ambil di semester 2 karena saat itu aku memang lagi tertarik banget untuk belajar banyak hal tentang foreign language. Mata kuliah ini as you know berasal dari FIB (Fakultas Ilmu Budaya) di bawah naungan jurusan Sastra Prancis. Di sini mahasiswa diajar langsung oleh native speaker yang biasa kita panggil Madame Antonietta. Jadi, kita bisa belajar banyak banget tentang kosakata serta grammar Italia juga spelling-nya yang tepat. Jangan takut kalau kalian belum punya basic sama sekali tentang Bahasa Italia karena pembelajarannya sangat sistematik dan step by step. Apalagi di mata kuliah ini juga kalian akan dituntut untuk selalu aktif karena Madame sering melakukan “cold call” ke mahasiswa, yang sekelas hanya berisi maksimal 15 orang, untuk memastikan bahwa kita semua mengerti. Di penghujung pembelajaran, mahasiswa juga biasanya diberikan semacam homework untuk membuat dialog atau kalimat Bahasa Italia yang akan dipresentasikan di pertemuan selanjutnya. Walaupun terdengar seram karena banyaknya tugas dan “cold callhahaahaha tapi tenang aja Madame-nya baik banget, kok, dan biasanya kita juga dikasih intermezzo sedikit tentang budaya Italia dan latar belakang penuturan Bahasa Italia. Pokoknya buat kalian yang suka belajar bahasa asing, kelas Bahasa Italia ini worth it banget untuk dicoba!

Dinamika Pembangunan Asia Timur oleh Tania (2019)

Mata Kuliah Dinamika Pembangunan Asia Timur menyajikan pendekatan teoretis, historis, dan faktual terhadap pembangunan ekonomi di kawasan Asia Timur Laut dan Tenggara sebagai kekuatan ekonomi utama di kawasan tersebut. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa menjadi lebih paham terhadap kebijakan yang diusung dan permasalahan yang dihadapi oleh negara-negara di Asia Timur dan Tenggara, seperti Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Singapura, Tiongkok, Vietnam, Malaysia, serta Indonesia. Bagi teman-teman HI UI yang tertarik pada kajian kawasan, terutama Asia Timur dan Tenggara, sangat disarankan untuk mengambil mata kuliah ini karena mata kuliah ini membahas kawasan tersebut dengan sangat komprehensif dan memberikan perspektif baru.

Institusi Keuangan Internasional oleh Fraka (2019)

Mata kuliah ini membahas salah satu bentuk institusi yang ada di dalam sistem internasional, yaitu institusi keuangan internasional. Pembahasan akan berkutat dalam pembentukan institusi, kerangka kerja, permasalahan, hingga perkembangannya di masa kontemporer ini. Alasan saya mengambil mata kuliah ini adalah fenomena keuangan antar negara yang semakin terikat akibat globalisasi. Institusi keuangan internasional berperan penting untuk memperhatikan, mengawasi, menjaga, serta memberikan solusi bersama demi stabilitas keuangan internasional. Hal ini menjadi menarik untuk dipelajari bagi mahasiswa HI UI dengan peminatan ekonomi politik internasional seperti saya. Setelah mengambil mata kuliah ini, tentu saja harapan dan tujuan saya terpenuhi. Saya bisa memahami lebih baik kinerja, kerangka kerja, serta permasalahan institusi keuangan internasional dalam sistem internasional yang dinamis. Tentunya mata kuliah ini menjadi sebuah rekomendasi bagi mahasiswa HI UI, terutama yang berminat untuk mempelajari ekonomi politik internasional. Mata kuliah ini memberikan pemahaman dasar yang baik dan disertai dengan diskusi yang menarik. 

Kebudayaan Italia oleh Qyan (2020) 

Kebudayaan Italia pada intinya adalah mata kuliah di mana kita bisa mempelajari segala aspek budaya masyarakat Italia. Materi yang diberikan di mata kuliah ini juga enggak usah dikhawatirkan kualitasnya karena langsung disampaikan oleh orang Italia asli, tapi tenang aja kuliahnya dalam bahasa Inggris dan bukan bahasa Italia. Awalnya mungkin ada rasa bingung ketika mau mengikuti mata kuliah ini, khususnya tentang budaya apa yang akan dipelajari karena topik yang dibahas memang banyak dan bisa berubah tiap minggu; mulai dari hari-hari penting, pertunjukan, festival, makanan, arsitektur, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat Italia. Selama menjalani mata kuliah ini, kalian bisa menonton berbagai video yang akan membuat kalian ngerasa seperti langsung berada di Italia itu sendiri. Selain itu, kalian juga kemungkinan besar akan ikut secara langsung ke dalam acara kebudayaan Italia yang diselenggarakan di Jakarta, bisa dari acara kuliner sampai pameran seni. Dari segi tugas juga cukup ringan karena hanya beberapa paper selama satu semester sehingga mata kuliah ini bukan tipikal mata kuliah yang bakal bikin kalian pusing karena topiknya yang menarik dan enggak berat. Apalagi kalian bisa mengambil mata kuliah ini kapan saja karena Kebudayaan Italia dibuka setiap semester!

Komunitas Ekonomi ASEAN oleh Diyo (2019) 

Mata kuliah di semester genap ini cukup menarik untuk dipertimbangkan bagi para peminat kajian Ekopolin (ekonomi politik internasional) dan ASEAN. Sesuai namanya, mata kuliah ini membahas isu, dinamika, dan hal-hal terkait Komunitas Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Community) yang telah berjalan sejak tahun 2015. Gue mengambil mata kuliah ini atas dasar ketertarikan terhadap isu-isu seputar ASEAN dari sudut pandang Ekopolin. Hal-hal yang gue pelajari di mata kuliah ini pun cukup beragam, seperti isu development gap antara anggota-anggota ASEAN, konsep-konsep dasar Komunitas Ekonomi ASEAN 2015, Masyarakat Ekonomi ASEAN dalam ASEAN Vision 2025, perdagangan intra dan ekstra ASEAN, mobilitas tenaga kerja di ASEAN, kerja sama finansial regional seperti Chiang Mai Initiative Multilateralization (CMIM), hingga keterlibatan Jepang, Tiongkok, dan Korea Selatan dalam kerja sama ASEAN+3. Gue cukup senang dengan pengetahuan dan diskusi yang didapat dari mata kuliah ini. Selain karena ekspektasi gue yang terpenuhi, beberapa materi dari mata kuliah ini dapat gue aplikasikan ketika magang. Gue juga merekomendasikan mata kuliah ini untuk anak-anak HI yang memang tertarik dengan isu-isu regional dan perdagangan. Selain itu, menurut gue, tugas-tugas dalam mata kuliah ini masih bisa ditoleransi (reading report, summary kuliah tamu, infografis, UTS, dan UAS), meski mungkin saja ada penyesuaian tugas dan komponen penilaian di mata kuliah ini ke depannya. Secara keseluruhan, gue cukup senang bisa mengikuti mata kuliah Komunitas Ekonomi ASEAN.

Sejarah Tiongkok Memasuki Abad XX oleh AJ (2020)

Sesuai dengan namanya, mata kuliah ini mempelajari sejarah Tiongkok secara komprehensif hingga Abad ke-20 (Awal pemerintahan Mao Zedong/akhir Perang Sipil Tiongkok). Hal ini meliputi implikasi ekonomis, sejarah, dan sosial budaya yang ada di Tiongkok. Gue memang sangat menyukai studi-studi Asia Timur dan gue berpikir mata kuliah ini bisa memberikan gue pendalaman historis mengenai karakteristik Tiongkok. Pada awalnya gue enggak berharap tinggi-tinggi banget juga karena notabene, sejarah ya sejarah. Ternyata, yang dipelajari malah jauh lebih dalam dari sekadar mengingat kejadian yang terjadi saja karena beberapa kejadian bahkan bisa menjelaskan tatanan politik Tiongkok kontemporer. Mata kuliah ini benar-benar melebihi harapan gue, sih. Apalagi dosennya, Laoshi Albert P.J. Roring sangat terbuka dan amat baik dalam mengajar. Gue merekomendasikan Sejarah Tiongkok Memasuki Abad XX karena mata kuliah ini benar-benar asupan wajib yang dapat digunakan untuk memperkuat pengetahuan yang dibutuhkan jika ingin mendalami studi kawasan Asia Timur. Selain itu, tugasnya tidak begitu memberatkan dan diskusi di kelas juga amat seru!

S E M E S T E R G A N J I L

Dinamika Pemikiran Ekonomi Politik Internasional oleh Tania & Fraka (2019)

Dalam mata kuliah Dinamika Pemikiran Ekonomi (DPE), mahasiswa diajarkan secara komprehensif pemikiran-pemikiran yang berkembang dalam kajian ekonomi politik internasional, dari periode klasik hingga kontemporer dari para ekonom dan politikus yang berkecimpung di ranah ekonomi politik internasional. Serupa dengan mata kuliah “Pengantar Hubungan Internasional”. mata kuliah akan lebih fokus kepada perspektif tokoh-tokoh secara mendalam. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa menjadi lebih paham terhadap pemikiran yang dimiliki tokoh-tokoh ekonomi yang berpengaruh dalam pemikiran ekonomi politik internasional, seperti Hamilton, List, Smith, Ricardo, Marx, dan lain-lain, karena pemikiran mereka dikupas secara mendalam dari konteks substansi, historis, hingga relevansinya pada abad modern. Untuk mendalami peminatan ekonomi politik internasional dalam Ilmu Hubungan Internasional, penting bagi mahasiswa untuk memahami perkembangan pemikiran-pemikiran yang ada untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif dan kontekstual. Selain memahami lebih dalam perspektif-perspektif dalam ekonomi politik internasional, saya juga menemukan beberapa perspektif yang saya belum pernah dengar sebelumnya. Hal ini juga membuktikan kalau ekonomi politik internasional merupakan peminatan yang luas dengan hal-hal yang menarik di dalamnya. Bagi teman-teman HI UI yang ingin memperdalam pengetahuannya mengenai ekonomi politik internasional, sangat disarankan untuk mengambil mata kuliah ini karena DPE merupakan fondasi yang akan sangat menunjang mata kuliah lainnya di konsentrasi ekonomi politik internasional.

Dinamika Kawasan Timur Tengah dan Afrika oleh Diyo (2019)

Pertemuan gue dengan mata kuliah ini sebenarnya tidak terlalu direncanakan. Awalnya, mata kuliah ini hanya jadi pelengkap SKS di semester 7 kemarin. Tetapi seiring berjalannya perkuliahan, materi yang dipaparkan oleh dosen serta diskusi di dalam kelas jadi sangat menarik. Mata kuliah ini, sesuai namanya, menawarkan pembahasan mengenai dinamika kawasan Timur Tengah dan Afrika sub-Sahara, kawasan yang kerap ditinggalkan dalam kajian HI dewasa ini. Isu yang dibahas pun cukup beragam, mulai dari struktur kawasan, keterlibatan aktor-aktor negara maupun non-negara, nation-building, keterlibatan great power politics, internasionalisasi konflik, hingga isu-isu kontemporer di kawasan Timur Tengah dan Afrika sub-Sahara. Satu isu yang cukup membekas adalah Musim Semi Arab (Arab Spring), yang menjadi momentum transisi dari otoritarianisme menuju demokrasi di negara-negara Arab. Isu lainnya yang juga menarik perhatian gue adalah mengenai agenda Pan-Africanism dalam masa dekolonisasi dan persatuan Afrika, yang juga menjadi dasar terbentuknya regionalisme di kawasan tersebut. Gue sangat senang dengan mata kuliah ini karena memenuhi ekspektasi dan tidak memberikan beban tugas yang begitu banyak (tes kecil, reading report, UTS, dan UAS). Bagi kalian yang tertarik dengan isu-isu dinamika kawasan, terutama kawasan yang belum terekspos secara luas dalam kajian HI, gue sangat merekomendasikan mata kuliah ini untuk diambil di semester ganjil. Selain karena pembahasannya yang sangat eksploratif, mata kuliah Dinamika Timur Tengah dan Afrika memberikan segudang wawasan baru kepada mahasiswa HI.

Kajian Dampak Media oleh AJ (2020)

Mata kuliah ini mempelajari dan mengukur seberapa media berdampak dalam kehidupan manusia, seperti jarak lingkup sebuah media, bagaimana cara memengaruhinya, dan pembentukan target market. Gue mengambil mata kuliah ini karena gue sempat dikritik di kelas THI terkait pemahaman gue mengenai efek media yang amat kurang oleh salah satu dosen. Dari situ, gue gunakan hal tersebut untuk menjadi dorongan untuk memahami media secara mendalam. Ternyata kelas ini amat memuaskan akibat luasnya bahasan yang muncul dalam kelas. Diskusi dapat berkutat dari hal sesimpel penempatan iklan rokok, hingga fandom K-pop, olahraga, dan film. Gue pun jadi lebih paham bagaimana media memengaruhi massa dan individu melalui mata kuliah ini. Mata kuliah ini diampu oleh Mba Nina Mutmainnah yang sangat terbuka dan mengajar dengan cara yang jauh dari kata membosankan. Gue merekomendasikan anak-anak HI untuk mengambil mata kuliah ini, terutama untuk pejuang post-positivism yang perlu melihat dan meneliti media.

Perusahaan Multinasional dalam Ekonomi Politik Internasional oleh Qyan (2020) 

Mata kuliah perusahaan multinasional dalam ekonomi politik internasional atau yang biasanya disingkat jadi MNC, seperti namanya berfokus kepada peran perusahaan multinasional di dalam hubungan internasional. Berbeda dengan mata kuliah HI pada umumnya, mata kuliah ini lebih fokus ke aktor perusahaan multinasional dan juga interaksinya terhadap berbagai aktor lainnya, bukan pada kebijakan aktor negara. Hal itu kemudian menjadi daya tarik tersendiri, secara khusus bagi mahasiswa/i HI UI yang tertarik seputar isu-isu korporat. Melihat mata kuliah ini, tentunya ekspektasi yang dimiliki adalah agar dapat memperdalam pemahaman tentang perusahaan multinasional dalam konteks HI. Setelah menjalani mata kuliah ini, ekspektasi itu sangat terpenuhi karena pembelajaran di mata kuliah MNC ini tidak hanya sebatas reading report dan presentasi, tapi juga terdapat role play dan company visit yang menjadi highlight dari perkuliahan selama satu semester kemarin. Materi-materi yang dibahas di kelas ini juga begitu komprehensif, mulai dari product life cycle, diamond theory, corporate social responsibility, dan masih banyak materi menarik lainnya. Jadi, anak-anak HI yang tertarik dengan hal-hal berbau korporat dijamin enggak akan menyesal mengambil mata kuliah MNC di semester ganjil berikutnya. Selain itu, kapan lagi bisa jalan-jalan ke perusahaan multinasional buat kuliah?

Politik di Australia oleh Lugi (2021)

Nah, kalau mata kuliah “jajan” yang satu ini aku ambil di semester 3. Asal usul kenapa aku ambil mata kuliah ini karena aku pengen belajar tentang dinamika kawasan Australia, dan karena mata kuliah yang Asia Tenggara jam kelasnya bentrok dengan salah satu mata kuliah wajib HI hahahaa. Review aku untuk mata kuliah ini sih bisa dibilang asik untuk teman-teman yang memang tertarik banget dengan politik ataupun masyarakat Australia karena dosen yang mengajar, Mbak Chusnul, memang pernah kuliah di Australia dan di setiap pertemuan beliau pasti banyak memberikan intermezzo tentang dinamika yang terjadi di sana. Misalnya ketika kita belajar tentang partai dan pemilu Australia, setelah itu beliau menceritakan juga tentang euforia dari pengalaman masa-masa perpolitikan di sana. Kelas ini juga bakal menuntut mahasiswanya untuk selalu update dengan segala macam berita di Australia karena di setiap pertemuan bakal ada review koran yang wajib kita diskusikan dan kumpulkan hehe. Akhir dari mata kuliah ini yang sekaligus sebagai ujian akhirnya juga berkesan banget karena mahasiswa diminta untuk membuat conference

HIQuarters, Meet the Author!

HI Quarterly adalah majalah elektronik yang dikelola langsung oleh Divisi Hubungan Masyarakat Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional FISIP UI.

Redaksi HI Quarterly
Redaksi HI Quarterly

HI Quarterly adalah majalah elektronik yang dikelola langsung oleh Divisi Hubungan Masyarakat Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional FISIP UI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *