HI UI Goes to @america

Pada hari Rabu, 20 Juli 2022, 34 mahasiswa HI UI diundang oleh pihak @america untuk menghadiri acara My Experience with Terrorism, Conflict, and Extremism: Ask Me Anything. HI-News yang dibawakan oleh Mariska ini akan sedikit menggambarkan situasi di @america dan acara yang dihadiri kawan-kawan HI UI.

Berdasarkan laman resminya, @america adalah pusat budaya Amerika di bawah Kedutaan Besar Amerika Serikat. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan Amerika Serikat kepada orang-orang Indonesia secara lebih mendalam. @america mengadakan berbagai acara dalam beragam bidang untuk memenuhi tujuannya tersebut. Salah satunya adalah acara yang saya dan beberapa teman dari program studi Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia datangi. Adapun acara tersebut berbentuk seminar hibrida (daring dan luring) yang berjudul My Experience with Terrorism, Conflict, and Extremism: Ask Me Anything dan berlangsung pada hari Rabu, 20 Juli 2022, pukul 14.00–15.30 WIB menurut jadwal. Tulisan ini akan memberikan resensi mengenai beberapa aspek yakni @america dan acaranya sendiri.

Pertama adalah @america. @america adalah tempat yang terbuka untuk publik. Hanya saja, sebelum masuk ke dalam ruangan utamanya, kita harus melalui sistem keamanan yang cukup ketat karena tempat tersebut masih berada di bawah Kedutaan Besar Amerika Serikat. Setelah melewati bagian keamanan, saya masuk ke dalam ruangan utama yang secara ukuran tidak terlalu besar. Namun, @america menyediakan berbagai fasilitas. Terdapat beberapa buku dan permainan untuk para pengunjung mulai dari VR (virtual reality), PlayStation, hingga beragam permainan papan (Scramble, The Game of Life, dan lain-lain). Semuanya pun gratis untuk digunakan kecuali untuk gawai yang perlu KTP (Kartu Tanda Penduduk) sebagai jaminan. Desain tempatnya menggambarkan suasana kota-kota besar di Amerika. Pelayanan oleh staf di sana juga sangat ramah dan beberapa mendorong kita untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. @america menjadi tempat yang bagus untuk melatih kepercayaan diri dalam menggunakan bahasa tersebut.

Selanjutnya adalah acara My Experience with Terrorism, Conflict, and Extremism: Ask Me Anything. Acara ini diadakan di sebuah ruangan yang dipisahkan oleh tirai dari ruangan utama. Ruangan ini terdiri dari panggung kecil dan tempat duduk seperti pada foto di bawah ini.

Acara dibuka oleh sambutan MC, Gennara Jusuf, kemudian ia memberikan kesempatan bagi Andhika Chrisnayudhanto, Deputi Kerjasama Internasional dari BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) untuk menyampaikan beberapa patah kata. Setelah kembali ke tangan MC, jalannya acara diambil alih oleh moderator Desi Fitriani, seorang jurnalis senior dari Metro TV. Acara ini mengundang empat tamu, dua yang secara langsung hadir di lokasi dan dua lainnya melalui daring. Dua tamu secara daring, ada Noor Huda Ismail, pendiri Ruangobrol.id dan Wildan, seorang mantan teroris. Kemudian, di lokasi, ada Febri Ramdani, seorang yang telah kembali dari Suriah, dan Nurul Kholisoh, istri dari mantan teroris Hendro Fernando. Mereka masing-masing menceritakan pengalaman mereka mengenai terorisme. Pak Noor Huda Ismail dengan pengalamannya menghadapi para mantan teroris dan menjemput mereka yang ingin kembali ke Indonesia. Wildan dengan pengalamannya berperang sebagai teroris, kemudian Febri dengan pengalamannya datang ke Suriah untuk menyusul keluarga dan akhirnya sekeluarga besar kembali dari sana, dan yang terakhir Nurul sebagai istri dari mantan teroris pada masa suaminya aktif berkegiatan. Saya bukanlah seorang ahli, tetapi sebagai seorang awam bisa mengatakan bahwa tujuan dari acara ini telah tercapai. Melalui cerita pengalaman pribadi setiap tamu, lebih mudah untuk orang bersimpati dan mengerti seberapa berbahaya dan salahnya ideologi yang rela menghilangkan nyawa orang lain untuk mewujudkannya. Secara teknis, acara dikemas dengan baik dan durasi yang tidak terlalu lama membuat penonton tidak mudah kehilangan fokus.

Secara menyeluruh, saya pribadi menikmati acara My Experience with Terrorism, Conflict, and Extremism: Ask Me Anything dan juga tempat @america itu sendiri. Saya merekomendasikan bagi orang-orang yang mungkin ingin belajar lebih dalam berbagai topik, belajar berkomunikasi dalam bahasa Inggris, atau sekedar bermain dengan teman untuk datang ke @america di Pacific Place, lantai 3. Fasilitasnya yang gratis dan pelayanan yang baik tentu akan sangat sayang apabila dilewatkan. Sekian, beberapa hal yang ingin saya sampaikan mengenai kunjungan ke @america dan salah satu acaranya. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan!

Sumber: dokumentasi pribadi

HIQuarters, Meet the Author!

Mariska Kumalayanti

Mariska Kumalayanti atau biasa dipanggil Mariska adalah mahasiswa S1 semester 5 jurusan Ilmu Hubungan Internasional di Universitas Indonesia. Ia lahir pada tanggal 10 Maret 2003. Selain menekuni ilmu hubungan internasional, ia juga sedang menekuni dunia sastra dan seni.

Mariska Kumalayanti
Mariska Kumalayanti

Mariska Kumalayanti atau biasa dipanggil Mariska adalah mahasiswa S1 semester 5 jurusan Ilmu Hubungan Internasional di Universitas Indonesia. Ia lahir pada tanggal 10 Maret 2003. Selain menekuni ilmu hubungan internasional, ia juga sedang menekuni dunia sastra dan seni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *