Jumat Berilmu, Jumat Ceria

Partisipan dan pemateri pada kegiatan Sober. (Humas/Jeromi Mikhael)

Jumat berilmu, Jumat ceria. Begitulah kira-kira gambaran kegiatan para mahasiswa HI UI pada hari ini. Mulai dari kuliah-kuliah pada pagi hari yang sangat menguras otak, kegiatan Sober (Sore Berilmu), hingga ke seminar yang diselenggarakan oleh departemen. Tentu bukanlah hal yang mudah untuk mencerna semua materi, gambar, opini, maupun kritikan hari ini, mengingat bahwa mayoritas mahasiswa sedang menjalankan ibadah puasa. Namun, di akhir hari, para mahasiswa memperoleh “amunisi” jasmani dan rohani dari departemen dalam bentuk acara buka bersama.

Setelah mengikuti mata kuliah MPKT pada pagi hari, para mahasiswa semester 2 HI UI diajak untuk mengikuti kegiatan Sober yang diselenggarakan oleh Divisi Penelitian dan Pengembangan Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Indonesia (Litbang HMHI UI). Kegiatan Sober yang diadakan mulai jam 2 siang hingga 4 sore pada hari ini membahas pemikiran tokoh-tokoh terdahulu mengenai ilmu Hubungan Internasional (HI) dalam mata kuliah Pengantar Ilmu Hubungan Internasional serta ujian tengah semester tahun lalu. Materi dalam Sober ini dibawakan oleh Munson Gamaliel Tampubolon (HI UI 2021) dan Gabriella Eleonora (HI UI 2021). Terdapat sejumlah pertanyaan dan koreksi yang dikemukakan oleh para mahasiswa kepada pemateri.

Pembicara dalam seminar yang diadakan oleh departemen. Ki-ka: Mas Agung, Mr. Anjaiah, Mas Hariyadi, Mas Makmur. Letjen Syed Hasnan dan Dr. Premesha Saha hadir secara daring. (Dokumentasi Mas Yere)

Di saat yang bersamaan, para mahasiswa HI yang lain sedang mengikuti kegiatan seminar yang diadakan oleh departemen mengenai peranan India dalam tingkat global. Seminar ini menghadirkan dosen HI yang memiliki fokus kawasan Asia, yakni Agung Nurwijoyo, M.Sc. (Mas Agung), Hariyadi Wirawan, Ph.D. (Mas Hariyadi), Makmur Keliat, Ph.D. (Mas Makmur), serta tokoh-tokoh akademisi dan jurnalis dari India. Letjen Syed Ata Hasnain, mantan sekretaris angkatan darat India yang saat ini menjabat sebagai Chancellor of Central University of Kashmir dan Dr. Premesha Saha, peneliti pada Observer Research Foundation di New Delhi. Sama halnya dengan kegiatan Sober, acara seminar ini juga diikuti secara antusias oleh para partisipan. Hal ini dapat dilihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Seminar diakhiri dengan penyerahan plakat serta cinderamata kepada pemateri.

Para partisipan seminar yang berasal dari civitas academica UI dan luar UI. (Dokumentasi Mas Yere)
Kultum menjelang berbuka yang dibawakan oleh Mas Shofwan. (Humas/Jeromi Mikhael)

Setelah seminar berakhir, acara dilanjutkan dengan sedikit kata-kata dari Asra Virgianita, Ph.D. selaku Ketua Departemen HI UI. Untuk mengisi waktu yang tersisa sebelum berbuka, disampaikan kultum dari Shofwan Al Banna Choiruzzad (Mas Shofwan), salah satu dosen HI UI yang juga berkiprah dalam bidang keagamaan. Kultum yang dipaparkan membahas mengenai lingkungan serta hubungannya dengan Al-Quran.

Acara berbuka bersama para dosen HI UI serta pemateri seminar. (Dokumentasi Mas Yere)
Acara berbuka bersama para mahasiswa HI UI. (Dokumentasi Mas Yere)

Usai mengikuti seluruh kegiatan akademis yang padat ilmu pada hari ini, tibalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh semuanya: berbuka bersama. Yeremia Lalisang, Ph.D. (Mas Yere) selaku Sekretaris Departemen HI UI telah menyiapkan berbagai makanan, baik ringan dan berat, untuk dinikmati oleh semuanya. Suasana berbuka puasa hari ini sangatlah unik dan ceria, mengingat bahwa kesempatan untuk menyelenggarakan acara buka bersama seperti ini sangatlah langka. Secara umum, semua civitas academica HI UI sangatlah senang dengan rangkaian kegiatan hari ini karena melepas kepenatan dari rutinitas yang biasa.

HIQuarters, Meet the Author!

HI Quarterly adalah majalah elektronik yang dikelola langsung oleh Divisi Hubungan Masyarakat Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional FISIP UI.

Redaksi HI Quarterly
Redaksi HI Quarterly

HI Quarterly adalah majalah elektronik yang dikelola langsung oleh Divisi Hubungan Masyarakat Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional FISIP UI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *