Keren! Juara 1 Duta Bahasa Jawa Barat Datang dari HI UI

Di seri ke-2 HICALL ini, HI Quarterly berkesempatan untuk bertemu Kak Florie Aurantia, mahasiswa Program Studi Sarjana Ilmu Hubungan Internasional Angkatan 2018. Kak Florie baru saja memenangkan predikat Juara 1 dalam ajang Duta Bahasa Jawa Barat tahun 2021. Mari ikut mimin HQ intip keseruan perjalanan dan perjuangan Kak Florie dalam meraih predikat tersebut.
Selamat Pagi, Kak Flo. Terima kasih telah bergabung bersama dengan kami. Pertanyaan pertama dari HIQuarters adalah Apa makna dari kegiatan Duta Bahasa Jawa Barat 2021 menurut Kak Flo?

Pagi juga, HQ. Ini pertanyaan yang menarik bagi aku. Aku sendiri melihat Duta Bahasa merupakan tempat terjadinya proses penghidupan kebahasaan bahasa Indonesia dan bahasa daerah lainnya oleh generasi muda. Seiring beralihnya masa, bahasa-bahasa yang menjadi kekayaan budaya bangsa mulai tersisihkan. Oleh karena itu, kegiatan ini menjadi penting untuk melestarikan bahasa-bahasa tersebut.

Mengapa Kak Flo memutuskan untuk ikut kegiatan Duta Bahasa Jawa Barat 2021?

Alasan aku untuk ikut Duta Bahasa Jawa Barat 2021 dapat disimpulkan menjadi dua faktor. Pertama, aku secara individu menyukai berbagai hal yang berbau linguistik dan sastra. Aku melihat jika mengikuti kegiatan ini, aku memiliki kesempatan untuk mengembangkan apa yang aku sukai sebelumnya. Kedua, aku memiliki kekhawatiran sendiri mengenai generasi sekarang yang kurang peduli dengan bahasa Indonesia dan bahasa daerah yang ada. Menurut aku, kegiatan ini dapat menjadi sarana aku untuk menyebarkan kesadaran kepada teman-teman mengenai bahasa Indonesia dan bahasa daerah lainnya.

Apa saja kegiatan di dalam kegiatan Duta Bahasa Jawa Barat 2021 yang diikuti sama Kak Flo?

Menurut aku, kegiatan dan proses di dalam kegiatan Duta Bahasa Jawa Barat sangat padat dan selektif. Kalau aku bisa urutkan, seperti ini kegiatan di dalam Duta Bahasa Jawa Barat 2021.

  1. Seleksi Berkas
  2. Esai Marathon 3 Bahasa
  3. Psikotes
  4. UKBA (Uji Kemahiran Bahasa Asing)
  5. Wawancara Krida (Presentasi Rancangan Proyek Kebahasaan)
  6. UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia)
  7. Wicara Publik dan Wawancara Kepribadian
  8. Penampilan Bakat
  9. Pembekalan selama 3 Hari
  10. Final I
  11. Final II
Bagaimana perasaan Kak Flo ketika mendapatkan penghargaaan dengan Juara 1 Duta Bahasa Jawa Barat 2021?
Sumber: Dokumen Pribadi

Jujur, aku awalnya kaget waktu dipanggil jadi pemenang karena aku merasa masih banyak yang harus aku perbaiki dan teman-teman finalis lainnya juga keren sekali. Bahkan, teman-teman finalisku ada yang bisa berbahasa asing selain Inggris. Aku cukup kaget waktu dinobatkan, tapi ya memang sudah rezeki mungkin ya, Semoga bisa amanah, mohon doanya ya!

Bagaimana proses yang ada di dalam kegiatan Duta Bahasa Jawa Barat membantu Kak Flo mengembangkan diri?

Pertama, aku dilatih untuk tidak mudah menyerah dan selalu bersabar dari proses yang panjang. Kedua, aku belajar untuk mengevaluasi mandiri dan tidak insecure kepada diri sendiri. Ketiga, aku belajar untuk tidak meremehkan dan meragukan diri sendiri.

Menurut Kak Flo, apakah menyenangkan untuk mengikuti kegiatan di luar dunia HI?

Wah! Menyenangkan sekali. Aku mendapatkan banyak perspektif, bisa membicarakan banyak hal baru mengenai lingustik dan sastra khususnya, dan tentunya relasi-relasi baru.

Sepatah Dua Patah Kata dari Kak Flo untuk teman-teman HI yang ingin mencoba kegiatan di luar HI

JUJUR DICOBA! Asli, dicoba aja. Jangan pernah merasa “duh kalo gue bodoh sendiri gimana?” Buang jauh-jauh pikiran seperti itu. Pikiran seperti itu justru yang membuat kalian tidak akan berkembang menjadi apa-apa. Niatkan segala sesuatu untuk belajar. Kalau kamu masih merasa ‘bodoh’ di antara  orang-orang pintar, berarti kamu memilih wadah yang tepat untuk berkembang!

HIQuarters, Meet the Author!

Contributor at HI Quarterly

At the age of 17 years old, Fraka studies International Relations Science at University of Indonesia. During his study, Fraka participates in a lot of organisation and activities, either academic or non-academic. Fraka is motivated in International Issues and Science Developments Agenda. Fraka concerns entirely focus on the global economy and international politics.

Fraka Dawa Putra Agswenko
Fraka Dawa Putra Agswenko

At the age of 17 years old, Fraka studies International Relations Science at University of Indonesia. During his study, Fraka participates in a lot of organisation and activities, either academic or non-academic. Fraka is motivated in International Issues and Science Developments Agenda. Fraka concerns entirely focus on the global economy and international politics.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *