The Recruit (2022): Noah Centineo vs. Kejahatan Transnasional

The Recruit merupakan serial thriller action yang dirilis di Netflix sejak (16/12) lalu. Dibintangi oleh Noah Centineo, Victor Andres Turgeon-Trelles, Alexandra Petrachuk, Amanda Ip, Jamaal Grant, Laura Haddock, Andy Assaf, dan Michael Gregory Dagenais. The Recruit menampilkan tayangan segar untuk penonton dengan menyuguhkan aksi ringan dan intrik politik internasional yang penuh dengan teka teki. Tidak hanya itu, bagi mahasiswa hubungan internasional, serial ini menarik dari aspek isu yang diangkat. Menarik sekali, bukan?

Sinopsis

Kisah dimulai dengan Owen Hendricks (Noah Centineo), seorang pengacara baru yang berhasil diterima di CIA setelah coba melamar. Pada awalnya, pekerjaannya berjalan lancar tanpa gangguan apapun. Namun, segalanya berubah drastis ketika ia menerima surat ancaman dari mantan aset CIA bernama Max Meladze (Laura Haddock). Max memiliki rencana untuk membongkar rahasia-rahasia agensi tersebut, namun dengan satu syarat: ia harus dibebaskan dari tuduhan kejahatan serius. Owen dengan cepat terjerat dalam pusaran politik kekuasaan dan lingkungan yang dipenuhi oleh individu-individu jahat dan licik. Saat perjalanannya berlanjut, ia berharap dapat menyelesaikan misinya dengan cepat dan membuktikan kemampuannya di dunia CIA.

Serial Spionase dengan Komedi yang Tepat Sasaran

Noah Centineo terlihat berbakat memanfaatkan insting komedinya di peran ini sebagai seorang pegawai CIA baru di Divisi General Counsel bernama Owen Hendricks yang polos dan naif. Transisi menjadi seorang pemeran utama bagi Noah terlihat sangat mulus dan alami dari peran-perannya dulu di berbagai film bergenre romcom remaja. Jargon-jargon dan birokrasi dunia spionase dalam serial ini juga terlihat akurat dan tidak terlalu bersifat “Hollywood”. Penonton dapat menyaksikan Hendricks beradaptasi ke tempat kerjanya yang sangat berisiko dan butuh banyak pengorbanan. Karakter-karakter dalam serial ini juga mempunyai latar belakang yang cukup dalam serta kompleks khususnya partner Hendricks yaitu Lester Kitchens dan pengalamannya sebagai mantan field agent.

Mengintip ke Dunia Seorang Pegawai CIA

Di sisi lain, terdapat juga teman serumahnya yaitu Terence dan Amelia yang merupakan teman sekampus Hendricks. Amelia lucunya adalah mantan Hendricks saat mereka berdua masih kuliah. Dalam beberapa kesempatan, aksi Hendricks secara tidak langsung ikut menyeret Terence dan Amelia ke dunia politik spionase tanpa sengaja. Dinamika menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaannya menjadi salah satu poin cerita yang seru dalam plot serial ini. Selanjutnya, tuntutan pekerjaan Hendricks sebagai pegawai General Counsel CIA membuat latar serial ini sangat beragam dari wilayah midwest Amerika Serikat, Lebanon di Timur Tengah, Praha di Eropa Timur,  hingga Jenewa yang dijuluki “ibu kota spionase dunia”.

Adegan Realistis dan Pekerjaan CIA yang Berbahaya

Set-piece dalam serial ini tergolong cukup menegangkan dan grounded, dari adegan kejar-kejaran skala kecil, atau adegan baku tembak yang intens dan lama. Hendricks tidak hanya perlu melawan pihak eksternal yang jahat seperti gembong mafia Rusia dan kartel Meksiko, tetapi juga politik internal CIA yang sangat toxic karena perebutan jabatan serta reputasi. Ia perlahan-lahan sadar apa yang dipertaruhkan dalam pekerjaannya dan semakin bertindak cerdik selama selama jalannya plot cerita.  

Kesimpulan

The Recruit (2022) menceritakan serial spionase dengan vibe yang lebih segar dan berbeda. Dinamika isu-isu yang ditangani CIA dan konsekuensi politisnya menjadi salah satu aspek dari serial ini yang sangat menarik menurut penulis. Komedi yang menyatu dengan plot cerita dalam genre ini yang biasanya serius terasa halus dan tidak distracting. Noah Centineo dengan semangat jiwa mudanya berhasil menghidupkan karakter Owen Hendricks yang terasa sangat relatable dan membuat serial ini layak ditonton. Dalam musim pertamanya, serial ini memiliki 8 episode yang membuat serial ini mudah untuk dikonsumsi dalam waktu luang. Musim kedua juga direncanakan untuk rilis pada musim semi 2024.

HIQuarters, Meet the Author!

Divisi Penelitian dan Pengembangan HMHI UI

Divisi Penelitian dan Pengembangan Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional adalah divisi yang bertujuan untuk menghadirkan konten penelitian dan menjadi wadah untuk kreativitas dan pengembangan diri mahasiswa.

Divisi Penelitian dan Pengembangan HMHI UI
Divisi Penelitian dan Pengembangan HMHI UI

Divisi Penelitian dan Pengembangan Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional adalah divisi yang bertujuan untuk menghadirkan konten penelitian dan menjadi wadah untuk kreativitas dan pengembangan diri mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *